Cara Jitu Menembus SNMPTN

Sabtu, 18 Februari 2012

print this page
send email
Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri favorit merupakan idaman bagi setiap siswa yang baru saja lulus SMA/MA, terlebih bagi mereka yang memiliki kemampuan akademis yang mumpuni. Bagaimana dengan yang biasa-biasa saja? Tentunya mereka juga memiliki keinginan yang sama. Banyak jalan untuk masuk perguruan tinggi yang diminati salah satunya adalah melalui program seleksi secara nasional, yakni SNMPTN meskipun universitas biasanya juga mengadakan Ujian Mandiri (UM). Namun, pada seleksi SNMPTN lebih banyak pesaingnya dari pada UM maka dari itu, berikut ini adalah sebagian cara untuk menembus ketatnya persaingan SNMPTN.

1. Memilih Program Studi
Program studi yang sama mungkin akan memiliki Passing Grade berbeda di Universitas satu dengan yang lain. Yang harus diperhatikan adalah seberapa tinggi PG (Passing Grade) yang bisa dicapai. Untuk pilihan pertama prodi dengan PG yang lebih tinggi dari pilihan kedua, ini dimaksudkan apabila pilihan pertama gagal dapat meloloskan di pilihan yang kedua.

2. Memilih jurusan
Jurusan sangat penting untuk diperhatikan karena pemilihan jurusan berkaitan dengan nilai (Passing Grade) yang harus dicapai. Dalam SNMPTN untuk jurusan IPA dan IPS bisa memilih 2 pilihan program studi, sedangkan untuk IPC boleh memilih 3 program studi. Disarankan untuk memilih jurusan sesuai jurusan di SMA agar materi tidak terpecah-pecah.

3. Persiapkan materi sejak dini
Mempersiapkan materi sejak dini bisa dimulai dengan belajar dengan rutin dan kontinyu, tidak harus lama-lama. Setiap hari dengan mengerjakan 10-20 soal sudah cukup. Lebih difokuskan pada soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya atau soal-soal yang relevan. Mengikuti bimbingan belajar sangat disarankan, karena dapat mempersiapkan diri dengan try out-try out dan berbagai trik dari masing-masing lembaga bimbingan belajar tersebut. Dan jangan lupa untuk sering-sering mengikuti try out yang diadakan oleh Universitas.

4. Jaga kesehatan
Kesehatan merupakan faktor penting, karena kebugaran mempengaruhi otak untuk berpikir. Setiap seminggu sekali olahraga satu kali sudah cukup untuk menjaga kebugaran.

5. Persiapkan mental
Mental yang baik sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal-soal SNMPTN, konsentrasi dan ketelitian yang bagus akan memudahkan untuk menjawab soal. Usahakan rileks saat mengerjakan, jangan terlalu tegang apalagi saat waktu mengerjakan hampir selesai.

6. Yang paling penting adalah berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan
Semua usaha yang kita lakukan harus dibarengi dengan tawakkal dengan menyerahkan hasil kepada Sang Pencipta, tetap optimis dan berpikir positif bahwa Tuhan akan mengabulkan usaha kita. InsyaAllah.
Sekian, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Sumber: http://zero.ohlog.com/cara-jitu-sukses-snmptn.oh241506.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar